09 Mei 2009

HAKIKAT KETAQWAAN

Firman Allah surat Yunus: 62 – 64 yang artinya:
“Ketahuilah! Sesungguhnya wali-wali Allah, tidak ada kebimbangan (dari sesuatu yang tidak baik) terhadap mereka, dan mereka pula tidak akan berdukacita. (Wali-wali Allah itu ialah) orang-orang yang beriman serta mereka pula senantiasa bertaqwa. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.”

Hakikat taqwa diantaranya
“Bahwa manusia takut (untuk melaksanakan) hal-hal yang dimurkai oleh Allah, dan takut kepada hal-hal yang merusak dirinya sendiri dan merusak orang lain”

Hadirin.
Jika diibaratkan taqwa itu laksana air yang jernih yang berfungsi memberi kenikmatan dan kebahagiaan kepada makhluk, zatnya sendiri bersih dan bisa membersihkan benda-benda yang lain. Demikian juga seharusnya orang yang bertaqwa itu. Siapapun orangnya dan dalam kedudukan apapun, dapat memberikan manfaat pada dirinya dan kepada orang lainnya. Sebagai suatu contoh hubungan taqwa dalam beberapa aspek kehidupan antara lain:
  1. Taqwa dan Keadilan
    Hal ini terlepas dari penegakan hukum.
    Menerapkan keadilan adalah sesuatu yang esensial dan sangat erat dengan taqwalloh.
    Firman Allah surat Al-Maidah ayat 8 yang artinya:
    “Wahai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu semua senantiasa menjadi orang-orang yang menegakkan keadilan karena Allah, lagi menerangkan kebenaran; dan jangan sekali-kali kebencian kamu terhadap sesuatu kaum itu mendorong kamu kepada tidak melakukan keadilan. Hendaklah kamu berlaku adil (kepada siapa jua) karena sikap adil itu lebih hampir kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dengan mendalam akan apa yang kamu lakukan”

    Ayat-ayat di atas menunjukkan kepada manusia, utamanya penegak hukum, agar berlaku adil untuk tercapainya kebenaran dan kedamaian serta ketenangan.
    Rasulullah SAW bersabda:
    “Sesungguhnya kehancuran umat-umat terdahulu ialah karena mereka menjatuhkan hukuman terhadap pencuri-pencuri yang lemah (kecil) dan mereka membiarkan saja pencuri-pencuri kaliber besar. Demi amanah yang saya pegang. Jika putri saya Fatimah mencuri, niscaya akan saya potong lengannya”

  2. Taqwa dan Menepati Janji
    Orang yang bertaqwa senantiasa memenuhi janji.
    Firman Allah surat Ali Imran ayat 76:
    “(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuatnya) dan bertaqwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa”

    Menyalahi janji adalah sifat yang keluar dari orang-orang yang bertaqwa, bahkan merupakan salah satu ciri dari sifat orang munafik. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
    Ada tiga tanda-tanda munafik, yaitu: (1) Apabila dia berbicara, berbohong. (2) Jika dia berjanji, mengingkari. (3) Kalau dipercaya, khianat.

  3. Taqwa dan Jalan Keluar
    Dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat sering terjadi hal-hal yang meresahkan, kesulitan demi kesulitan, pikiran buntu, ekonomi kacau, jalan keluar tidak kelihatan. Saat-saat yang demikian, jika kita tidak memiliki landasan tempat berpijak, maka mudah sekali timbul keputusasaan, kemarahan yang menyebabkan akal budi tidak sehat, sehingga berperilaku tidak sehat pula. Maka taqwallah adalah jalan keluarnya.
    Allah berfirman dalam surat At-Thalaq ayat 2-3:
    “…Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan jalan keluar (dari kesulitan yang dihadapi). Dan .memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah akan mencukupi (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”
Hadirin.
Masih banyak lagi hubungan taqwa dengan keperluan hidup kita. Dengan demikian kita sadar taqwallah adalah segala-galanya. Mudah-mudahan paparan sekelumit ini membawa jalan kebenaran bagi kita disertai anugerah dan ridha Allah SWT. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

 0 Comments:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ^_^

<< Home